Hi!

"If Nothing Ever Changed, There'd Be No Butterflies."

August 29, 2011

arti Minal 'Aidin Wal Faizin

Errr... saya tergelitik untuk membuat catatan singkat (lagi). Mengenai suatu yang sudah pasti semuanya sudah tahu. Tapi, terkadang kita agak melupakan hal sepele seperti ini. Yaitu kalimat ucapan Minal ‘Aidin Wal Faizin. Terkadang sering terjadi kesalahan penulisan. Kesalahan penulisan tentulah akan menyebabkan kesalahan pula terhadap arti kalimat ini. Seperti kalimat-kalimat berbahasa Inggris, jika salah penulisannya maka akan salah pula artinya. Sebagai contoh : Pray & Prey, Look & Lock, kesalahan penulisan satu huruf dapat mengubah makna dari kata tersebut.

Berikut sekilas tentang penulisan  من العاءدين و الفاءيزين 


1. Minal ‘Aidin wal Faizin = Penulisan yang benar.
2. Minal Aidin wal Faizin = Juga benar berdasar ejaan indonesia. 
3. Minal Aidzin wal Faidzin = Salah, karena penulisan “dz” berarti huruf “dzal” dalam abjad arab. 
4. Minal Aizin wal Faizin = Salah, karena pada kata “Aizin” seharusnya memakai huruf “dal” atau dilambangkan huruf “d” bukan “z”. 
5. Minal Aidin wal Faidin = Juga salah, karena penulisan kata “Faidin”, seharusnya memakai huruf “za” atau dilambangkan dengan huruf “z” bukan “dz” atau “d”.

Dan, kalimat yang sering diucapkan kala Idul Fitri ini artinya bukanlah "Mohon Maaf Lahir dan Batin". Kalimat ini merupakan penggalan dari suatu do'a panjang yang diucapkan ketika kita selesai menunaikan ibadah puasa, yaitu :

“Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin Wal Faizin”

artinya :

“Semoga Allah menerima (amalan-amalan) yang telah aku dan kalian lakukan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”.

Sehingga arti sesungguhnya dari “Minal Aidin wal Faizin” adalah “Semoga kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”.

Sekedar catatan yang selalu saya buat jika menemukan hal-hal yang mungkin akan berguna bagi saya dan bagi yang membaca.

Salam.
______________________

No comments:

Post a Comment