Hi!

"If Nothing Ever Changed, There'd Be No Butterflies."

August 29, 2011

saya akan rindu Ramadan


Lantunan adzan setiap pagi, siang, hingga petang. Lafadz-lafadz Al Quran menggema dari masjid-masjid tak berhenti. Damai menjalari langit dan bumi. Ini adalah suasana yang melekat di sepanjang Ramadan. Jarang didapati di hari-hari lain. Seandainya setiap bulan adalah Ramadan, suasana itu tak akan pudar -sepertinya.

Saya menatap senja di penghujung Ramadan, kelabu pekat di sela rona merah jingga. Ahh, apakah saya akan dapat menjumpai Ramadan lagi di tahun-tahun berikutnya?

Entahlah.

Kala saya ingat bagaimana beberapa orang yang saya kenal sudah tak terlihat lagi di Ramadan tahun ini, saya merasakan jalan yang saya tempuh semakin pendek di depan, dan jalan-jalan di belakang semakin tampak jauh hingga pudar perlahan-lahan.

Saya hanya dapat menghembuskan nafas. Karena semuanya adalah dari ALLAH dan akan kembali kepada ALLAH. Memang dunia hanyalah tempat bersenda gurau saja... akhirnya semuanya akan kembali kepada Dia -tempat kembali yang paling abadi.

Saya, semoga menjadi salah satu jiwa yang lebih baik setelah Ramadan ini. Semoga menjadi lebih baik. Semoga. Saya benar-benar tak ingin berpisah dari Ramadan. Ahh... memang semua yang diperkenalkan dengan yang namanya 'pertemuan' pasti akan dipertemukan pula dengan 'perpisahan'. Hari-hari, minggu-minggu, bulan-bulan, musim-musim, kerabat, dan teman-teman, selalu akan disandingkan pada pertemuan dan perpisahan.

Selagi belum berpisah dengan semuanya, kita lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk semua yang ada di sekeliling kita, agar saat perpisahan terjadi kita bisa mengenangnya sambil tersenyum tanpa penyesalan.

Dan, untuk semua yang mengenal saya dan tidak mengenal saya, untuk semua teman-teman yang merayakan, saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul fitri, Minal ‘Aidin wal Faizin.

Mohon maaf jika ada kalimat-kalimat saya yang menyakitkan, saya memang terkadang terlalu blak-blakan dan semaunya.

Spesial untuk kedua orang tua saya, bersyukur kepada ALLAH bahwa mereka masih bersama saya dan masih diberi kesehatan. Alhamdulillah.

Semoga di hari yang fitri esok hari semua (yang merayakan) akan termasuk golongan orang-orang yang kembali pada fitrah.

Langit meredup, mengakhiri Ramadan.
Semoga saya dipertemukan lagi dengan Ramadan di tahun berikutnya, semoga saya dipertemukan lagi dengan tarawih-tarawih kala senja itu.

Sudah pasti, saya akan sangat rindu sekali pada Ramadan -lagi.


No comments:

Post a Comment